Sebuah Kata Perkenalan

03.30

In.tro.duce
/.intrə'd(y)oos/
verb
Gerund or present participle : introducing

Banyak pepatah mengatakan 'tak kenal maka tak sayang' pepatah lama yang banyak mengungkapkan bahwa ternyata sebuah perkenalan itu memang penting.
Jika tidak ada perkenalan atau pengenalan mungkin beberapa dari kita akan berspekulasi atau bahkan menduga-duga 'dia siapa?', 'dia itu jenis kelaminnya apa?'.

Singkatnya kita semua dikenal sebagai satu spesies yang disebut 'manusia' or human. Dan kita diberi 'label' atau lebih sering dikenal dengan nama untuk mempermudah orang mengingat siapa diri kita.

Nama merupakan pemberian orang tua sebagai hadiah disaat kita lahir ke dunia ini. Dengan nama kita juga mudah beradaptasi atau dikenal orang dengan mudah.

Nama juga merupakan do'a atau harapan dari orang tua kepada kita 'anaknya' . Banyak orang tua yang memberi nama yang sangat indah sebagai harapan kelak anaknya akan sukses dan mempunyai kehidupan yang seindah namanya.

Namun ada beberapa juga yang terkadang tidak memiliki arti nama, mungkin bukan tidak memiliki namun orang jaman dulu atau orang tua kita terdahulu menyebut nama itu sebagai 'label' atau cara mengenali seseorang. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki harapan atau do'a dibalik kelahiran anak mereka. Mungkin mereka tidak menyiratkan secara langsung harapan dan do'a atas kelahiran anaknya di nama.

'Apriliani Kartika Sari' sebuah rangkaian kata terdiri dari 3 suku kata 'apriliani', 'kartika', 'sari' ya.. itu merupakan nama yang diberikan oleh orang tua saya ketika saya lahir. Pernah terlintas difikiran saya 'apa sih arti nama gue?'.. pernah juga saya tanya ke orang tua. Jujur mereka bingung waktu ditanya apa sih arti nama gue. Tapi, mereka punya arti dari nama gue itu. Orang tua gue bilang 'apriliani kartika sari' itu artinya anak perempuan dari bapak dan mama yang lahir di bulan April. Setelah gue fikir memang nama tengah dan nama akhir gue itu kalo disingkat merupakan inisial dari orang tua gue.

Sejak saat itulah gue tau ternyata dari 3 suku kata yang ada di nama gue sebenarnya punya arti dan do'a tersendiri yang mungkin gue fikir nama gue biasa aja dan terdengar standar. Mungkin banyak juga diantara kalian yang masih belum tahu arti nama kalian itu apa. Percaya atau tidak semua rangkaian kata yang membentuk nama kalian semua itu pasti ada do'a dan harapan dari orang tua. Meskipun itu tersirat.

Dari tadi mungkin gue udah terlalu banyak merangkai kata. Inti dari tulisan gue adalah gue ingin memperkenalkan diri gue. Selamat datang dan salam kenal.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Pengikut